Lakukan 4 Hal Penting untuk Menjaga Kesehatan Hewan Ternak!

oleh -152 views
Sapi Madura. Dok: agrobisnisinfo.

Sobat petani dan peternak, mari kita ingat dan perhatikan kembali, bahwa kesehatan hewan ternak merupakan hal paling penting dalam budi daya yang kita lakukan. Pengaruhnya dalam hitung-hitungan ekonomis usaha kita ini sangatlah besar.

Dengan ternak yang sehat, maka baik kambing, sapi dan hewan ternaik lainnya dapat berkembang biak dengan baik. Ternak yang sehat harga jualnya pun otomatis akan naik.

Nah, untuk itu, ada beberapa hal yang perlu selalu kita ingat dan perhatikan untuk menjaga kesehatan ternak kita. Apa saja? Simak 4 hal penting sebagai berikut:

1.Pakan Ternak

Perhatikan pakan ternak yang digunakan. Saat ini banyak sekali jenis pakan yang digunakan untuk ternak seperti pakan kering dan pakan basah. Banyak peternak yang memilih menggunakan pakan kering karena lebih mudah didapatkan. Selain itu, tak sedikit pakan kering yang telah menggunakan komposisi yang baik untuk kesehatan ternak. Meski demikian, memberikan pakan ternak berupa tanaman hijau juga harus diperhatikan. Ternak tetap membutuhkan asupan alami dari tanaman hijau agar lebih sehat. Contoh tanaman hijau yang paling baik untuk ternak adalah tanaman indigofera.

2. Kebersihan Kandang

Jaga kebersihan kandang. Kebersihan kandang merupakan hal penting lain untuk menjaga Kesehatan hewan ternak. Dengan kandang bersih, maka ternak akan lebih terhindar dari serangan penyakit dari mikro organisme jahat. Untuk itu, pastikan kandang ternak dibersihkan setidaknya selama seminggu sekali dengan obat-obatan disinfektan.

3. Obat Cacing

Penyakit cacingan merupakan ancaman serius untuk hewan ternak. Karena itu, berikan obat cacing untuk ternak. Selain pakan dan kandang, memberikan obat cacing secara rutin dapat membuat ternak jauh dari penyakit cacing yang kerap menyerang ternak seperti sapi, lembu, kambing, dan domba. Ternak yang tak terinfeksi cacing juga akan semakin mahal saat dijual.

4. Ektoparasit

Perhatikan ektoparasit. Ektoparasit adalah jenis parasit yang hidup dengan menempel pada tubuh ternak seperti serangga. Parasit jenis ini dapat menyebabkan ternak menjadi kurus. Biasanya saat ternak terjangkit ektoparatis, nafsu makannya juga akan hilang.

Sobat petani dan peternak, inilah 4 hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan hewan ternak. Pastikan bahwa baik pakan dan obat-obatan yang digunakan memiliki kualitas terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal.

Dengan melakukan hal di atas, maka peternak dapat memperkecil kemungkinan mengalami kerugian. Salam semangat selalu.

***

Ref: https://dispernakan.bandungbaratkab.go.id/

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.