Sembilan Siswa Muh Al Mujahidin Wakili Indonesia dalam Global Youth Summit 2024 di Malaysia

Muh Al Mujahidin
Siswa-siswi SMP dan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin yang akan mengikuti Konferensi Internasional di Malaysia.

Siswa-siswi dari SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin, akan berpartisipasi dalam Konferensi Internasional Global Youth Summit 2024. Acara prestisius ini dijadwalkan berlangsung di Royal Chulane Hotel *5 di Kuala Lumpur, Malaysia, mulai 25 hingga 27 Januari 2024.

Agus Suroyo, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, menyatakan kebanggaannya terhadap prestasi sembilan siswa-siswinya yang menjadi wakil Indonesia dalam konferensi internasional tersebut. Sebelum keberangkatan, terlebih dahulu para siswa tersebut harus mengirimkan esai dengan cara diunggah.

“Usai mengupload essay, mereka akan mewakili Indonesia diantara para pelajar perwakilan dari 40 negara,” terang Agus, Kamis (25/1/2024).

Agus menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Korean National Committee dan Studec International. Global Goals Summit merupakan konferensi pemuda yang mempertemukan calon pemimpin muda dengan pembicara internasional dari berbagai latar belakang, termasuk pakar, dosen, dan pembuat perubahan Global Goals berdasarkan misi 7 Tujuan Global.

“Dalam KTT tahunan ke-4 ini, tujuannya adalah melahirkan agen perubahan baru dan mengajarkan generasi muda di setiap negara cara mengikuti agenda SDGs di negaranya masing-masing,” ungkapnya.

Tema besar konferensi ini adalah “Memajukan Pembangunan Berkelanjutan: Seruan untuk Bertindak”. Acara ini akan menampilkan cerita inspiratif dari pakar internasional tentang SDGs, sesi pertukaran budaya yang menarik, dan pertemuan SDGs komprehensif yang menekankan kualitas pemimpin masa depan.

“Program selama tiga hari ini mencakup Pelatihan Komprehensif Pemuda SDGs, Konferensi Internasional Tujuan Global, Pertemuan Tahunan 7 Tujuan Global, Presentasi Akademik Revolusi SDGs, Duta Besar dalam Aksi (Aksi Sosial) bersama Pengungsi di bawah UNHCR Asia Tenggara, Diplomatik Gala Dinner, dan Pemberian Penghargaan,” tambah Agus.

Siswa dari SMP Muhammadiyah Al Mujahidin yang turut serta antara lain Muhammad Farhan, Raisha Fadil, Gibran Maulana, Al Afaafa, dan Cut Siti. Sedangkan untuk siswa dari SMA Muhammadiyah Al Mujahidin termasuk Hema MuZdalifah, Aulianisa Shifa, Muhammad Mualana, dan Tristan Solehudin.

Melalui partisipasi dalam Konferensi ini, para siswa dari SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin bisa mendapatkan wawasan yang mendalam tentang tantangan global serta memperkaya pemahaman mereka terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Selanjutnya pengalaman ini bisa menjadi pendorong bagi mereka untuk aktif terlibat dalam upaya mencapai perubahan positif di masyarakat dan menerapkan nilai-nilai yang mereka peroleh dari konferensi ini dalam perjalanan kepemimpinan mereka di masa depan.

Loading

Facebook Comments Box
Spread the love