Sempat Mengalami Penurunan Penjualan di Awal Pandemi Hingga Akhirnya Sekarang Mulai Kembali Normal

oleh -549 views
foto bersama pemilik toko Azqza
foto bersama pemilik toko Azqza

Sudah dua tahun pandemi covid-19 menyebar di Indonesia. Penyebaran covid-19 di Indonesia berdampak pada semua sektor, salah satunya pada sektor perekonomian. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan salah satu sektor perekonomian yang paling terdampak akibat pandemi covid-19 ini. Akibat dari diberlakukannya PPKM di awal pandemi, banyak UMKM yang mengalami kerugian bahkan ada yang sampai gulung tikar. Di Kabupaten Bantul, toko semi grosir “AZQZA” merupakan salah satu UMKM yang terdampak akibat pandemi covid-19. Hanif (43), pemilik toko “AZQZA” mengatakan bahwa adanya penurunan omset di awal pandemi.

“Banyak reseller yang tidak berbelanja karena tempat mereka menjual kembali dagangannya ditutup akibat adanya PSBB, seperti sekolah maupun tempat wisata. Pandemi covid-19 juga membuat masyarakat takut untuk keluar rumah karena penyebaran virus yang sangat cepat, apalagi pemberlakuan peraturan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dari pemerintah, sehingga membuat penjualan di toko menjadi menurun.” ungkap Hanif.

Kebijakan New Normal yang dibuat pemerintah memberikan kabar baik kepada pelaku ekonomi, salah satunya toko “AZQZA”. Dengan adanya kebijakan New Normal, aktivitas di masyarakat mulai pulih kembali sehingga kegiatan perekonomian mulai membaik.

“Sebagian masyarakat sudah mulai banyak yang berbelanja untuk kebutuhan dagang mereka, sehingga penjualan ditoko mulai naik setelah diberlakukannya kebijakan new normal.” Imbuhnya.

Kebijakan yang belum lama ini dibuat pemerintah yaitu dibukanya kembali tempat wisata dan sekolah memberikan kabar baik bagi pemilik toko “AZQZA”. Dibukanya kembali sekolah – sekolah dan pembukaan tempat wisata membuat toko “AZQZA” kembali mengalami kenaikan omset.

“Kondisi pandemi covid-19 yang semakin membaik, memberikan dampak baik bagi toko kami dan umkm lain. Reseller mulai berbelanja kembali secara normal qdi toko saya, sehingga penjualan mengalami kenaikan sehingga memhuat kenaikan pada omset penjualan,” pungkasnya.

Penulis : Imas Laili & Kurniawan
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

No More Posts Available.

No more pages to load.