Changing Habits: Mengubah Kebiasaan

oleh -181 views
Mendengarkan siaran radio dalam perjalanan memiliki banyak manfaat. Dok: momobil.

Iseng-iseng, di perjalanan berangkat kerja saya memutar radio. Hal yang hampir tidak pernah saya lakukan. Biasanya lagu-lagu dari audio mobil yang ada di playlist yang bertahun-tahun menemani perjalanan kemana pun.

Pencet-pencet adjusting knob, nemu radio broadcasting station yang cukup jernih dan jelas siarannya. Pro 3 FM. Pukul 06.00 WIB, warta berita. Pada siaran berita pagi ini, News Announcer menyiarkan hal yang sedang trending, yakni Corona Virus dan beberapa berita lainnya.

Tema siaran selanjutnya adalah Kolom Berita, wah, ternyata menarik sekali isinya. Pagi ini Kolom Berita mengemukakan tema Peran Pers di Era Post Truth – topik yang pas dikemukakan pada Hari Pers Nasional. Ada nara sumber yang diwawancarai pagi ini, seorang profesor dari Fisipol UGM. Sangat menarik.

Pemaparan tentang Pers di Indonesia disampaikan dalam bahasa yang sangat terpelajar, irama yang runtut dan sangat enak di telinga. Beliau menjelaskan bagaimana pers harus menjadi penengah yang netral di tengah simpang siur berita yang ada di masyarakat. Bagaimana pers harus menjadi monitor dan alat kontrol yang baik serta menjadi katalisator warta di masyarakat. Bagaimana pers tidak boleh berpihak pada common sense yang muncul di masyarakat.

Pers harus menyajikan berita yang berimbang sekaligus mengedukasi, dan untuk itu diperlukan wartawan dan jurnalis yang educated dan smart, sehingga pers menjadi penyaji warta yang berwibawa dan terpercaya di mata masyarakat karena hanya menyajikan berita yang akuntabel.

Eh..eh..eh..ternyata ada hal baik yang bisa kita lakukan saat kita mengemudi. Tetap bisa belajar dan menambah pengetahuan selain hanya dengan sambil mendengarkan lagu-lagu dari car audio.

Jadi suka deh mendengarkan siaran radio…

****

Tentang Penulis: Dwi Retno Wahyuningsih

Dwi Retno Wahyuningsih
Warga Purwosari, Baleharjo. Guru abdi negara, hobby membuat decoupage, menari, membaca, menulis.