Ayo Kenali, Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

oleh -33.005 views
Pemeriksaan tekanan darah. Dok: infopublik.id.

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh kita. Agar kinerja tubuh maksimal, kita harus memiliki tekanan darah normal. Lantas, berapa tekanan darah normal pada orang dewasa?

Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Angka 120 dan 90 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 dan 60 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi, atau kerap disebut tekanan diastolik.

Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang kita jalani dan kondisi emosional kita. Jadi kita tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah kita berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama. Selain itu, tinggi atau rendahnya tekanan darah juga dipengaruhi oleh enzim renin yang dihasilkan oleh ginjal.

Bila kita sering merasa pusing, kunang-kunang, atau pandangan menjadi kabur, kita perlu berhati-hati. Karena mungkin saja ada gangguan dengan  tekanan darah kita, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) atau hipotensi (tekanan darah rendah).

Hipertensi

Seseorang dikatakan terkena hipertensi ketika tekanan darahnya 130/80 mmHg atau lebih. Kenyataannya, kondisi yang membahayakan jiwa ini kerap tidak menampakkan gejala, sehingga banyak pengidapnya yang tidak tahu jika mereka mengalami hipertensi.

Hipertensi yang tidak ditangani dengan baik bisa memicu penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung, selain itu juga bisa mengganggu penglihatan, dan menyebabkan kerusakan fatal organ lain seperti ginjal.

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.