Popda DIY 2022, Gunungkidul Menaikkan Target Perolehan Medali Emas

oleh -736 views
Atlit Catur yang akan berlaga di POPDA DIY 2022

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY yang sempat vakum di tahun 2021 akan kembali digelar pada tahun ini. Pada Hari Rabu, (09/03) diadakan upacara pelepasan Tim POPDA yang akan mewakili Kabupaten Gunungkidul ke tingkat DIY. POPDA merupakan multi event pelajar tahunan, sebagai titik kulminasi dan gambaran pembinaan prestasi olahraga pelajar daerah dengan mempertandingkan banyak cabang olahraga.

Tim Popda Kabupaten Gunungkidul mengirimkan atlet untuk bertanding di 29 cabang olahraga setelah melalui seleksi di sekolah dan masing-masing cabang olahraganya. Cabor tersebut antara lain judo, karate, renang, kempo, senam, tarung derajat, woodball, gateball, balap sepeda, catur, atletik, angkat besi, anggar, bulutangkis, sepatu roda taekwondo, bola voli, bridge, panahan, panjat tebing, penak silat, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, tinju, voli pasir, bola basket dan sepakbola.

Upacara pelepasan sempat mundur beberapa saat karena cuaca hujan, sehingga yang sedianya akan dilaksanakan di alun-alun pindah lokasi ke Gedung Kesenian Baleharjo

Dalam Laporannya PLT Kadin Kepemudaan dan Olahraga Gunungkidul, Winaryo SH, Msi, mengatakan Gunungkidul mengirim 290  atlet dan 160 pendamping/pelatih.  Target medali emas sebanyak 29, meningkat dibandingkan dengan POPDA tahun 2020. Upacara pelepasan juga dihadiri oleh Bupati Sunaryanto, didampingi Forkompimda Gunungkidul. Bupati yang pernah bertugas di Mabes TNI tersebut dalam sambutannya mengucapakan selamat kepada adik-adik atlet anggota tim Popda.

Para atlet ini merupakan pilihan karena mewakili sekolah dan akan membawa nama baik Kabupaten Gunungkidul. Lebih lanjut Sunaryanto mengatakan bahwa tentu ada kebanggaan, hal ini janganlah disia-siakan karena para atlet membawa kehormatan  daerah meskipun akhirnya mengejar juara dan prestasi.

“Namun kehormatan tetap harus dijaga, karena sebagai pelajar yang terdidik ,” imbuhnya.

Kepada pelatih dan pendamping Bupati Gunungkidul menyampaikan agar menjaga dan mengingatkan adik-adik agar tetap sehat dan menjalankan protokol kesehatan juga tetap latihan. pada akhir sambutannya Bupati menekankan agar anggota tim POPDA 2022 ini tetap menjaga kesehatan dan bertanding secara sportif sehingga bisa mengangkat nama Kabupaten Gunungkidul.

Penyelenggaraan event POPDA direncanakan berlangsung tanggal 14-22 Maret ini akan berlangsung di Gedung Koni Yogyakarta. Upacara pelapasan berlangsung khidmad, sederhana dan dalam suasana yang hangat.

Tentang Penulis: Heru Tricahyanto

Seorang bapak dengan dua anak kembar, sehari-hari sebagai bakul jasa dan mebel kayu. Kalau selo belajar menulis juga.