Tabrakan Dengan Truk, Pengendara Sepeda Motor Meregang Nyawa

oleh -791 views

PALIYAN, (KH),– Kecelakaan lalu lintas yang merenggut korban jiwa terjadi pada hari Minggu (30/5/2021) di Kapanewon Paliyan, Gunungkidul.

Insiden yang melibatkan sebuah sepeda motor dan Truk box terjadi di Jalan Wonosari-Paliyan, tepatnya di Padukuhan Kendal, Kalurahan Giring, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul.

Korban, eorang pengendara sepeda motor jenis Honda Vario dengan Nomor Polisi AB 6167 NJ, Uwaisulqorni, warga Dusun Pucang Gading, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto mengatakan,sepeda motor yang dikendarai korban bertabrakan dengan sebuah Truk Box yang berusaha menyalip kendaraan di depannya.

Kronologi kejadian dijelaskan, mulanya mobil Truk Box dengan Nomor Polisi AB-8555-OE, yang dikendarai oleh Narto (29), warga Dusun Pungkruk, Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten, berjalan dari arah Barat/Paliyan menuju ke arah Wonosari.

“Pada jalur jalan yang lurus, kendaraan Truk berusaha menyalip kendaraan di depannya dengan mengambil jalan ke kanan. Bersamaan dari arah berlawanan melaju sepeda motor korban. Kecelakaan tidak bisa dihindari,” lanjut Suryanto.

Usai kecelakaan, korban mengalami luka cedera kepala berat, paha patah, tidak sadar, hingga akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan ke RSUD Wonosari. Sementara itu, pembonceng motor, Rafika Azizah (19), warga Dusun Botokenceng, Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Bantul, mengalami luka-luka yang cukup serius. Saat ini menjalani perawatan di RSUD Wonosari.

“Setelah bertabrakan, sepeda motor terseret Truk bok. Truk bok berhenti setelah menabrak tiang rumah di sebelah selatan jalan,” terang Suryanto lagi.

Pasca kejadian, kedua kendaraan, terutama sepeda motor mengalami kerusakan parah. Adapun Truk box mengalami kerusakan pada bagian depan.

“Selain menelan korban jiwa, kerugian materi ditaksir mencapai sekitar Rp3.000.000,00,” pungkas Suryanto.

Tentang Penulis: Edi Padmo

Edi Padmo
Pelaku seni rupa dan pegiat Komunitas Resan Gunungkidul. Komunitas Resan adalah perkumpulan swadaya yang bergerak dalam konservasi air dan tanah melalui penanaman pohon resan di sumber-sumber air dan daerah tangkapan air.