Warga Binaan Lapas Anak Wonosari Dilatih Ternak Lele

Warga binaan Lapas Anak Kelas II Wonosari mendapat pelatihan untuk budidaya lele dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul. Pelatihan berlangsung pada Senin (4/3/19) dengan dipandu oleh Seksi Perbenihan dan Produksi Bidang Perikanan Budidaya DKP Gunungkidul.

Kepala Lapas Anak menyambut baik terselenggaranya pelatihan ini. Kalapas menyampaikan, kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh anak didik yang ada di Lapas.

Dengan penambahan ketrampilan, setelah bebas nanti warga binaannya diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat di tempat tinggal masing-masing.

Pelatihan ini juga bertujuan agar warga binaan yang telah bebas dapat melakukan hal-hal positif, atau bahkan dapat menghasilkan lapangan pekerjaan minimal untuk dirinya sendiri.

Seluruh peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan. Terbukti beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Pertanyaan yang diajukan pun bermacam-macam, mulai dari pertanyaan tentang pembuatan kolam, cara memberi pakan, jenis pakan alternatif, bahkan ada pula peserta yang bertanya tentang jenis-jenis lele.

Pada kegiatan ini peserta akan mendapatkan bahan ajar berupa bahan kolam terpal lengkap dengan bibit lele dan pakannya.

Dalam prakteknya nanti, seluruh peserta akan didampingi oleh penyuluh perikanan mulai dari pembuatan kolam, pemeliharaan hingga pada saat panen. (DKP-GK/Kandar).

Loading

Facebook Comments Box
Spread the love