Ekspor Telur Tetas Salah Satunya Berasal dari Peternakan di Gunungkidul

oleh -340 views
Seremoni ekspor telur tetas PT Januputra Klaten. Dok: RWD/DPP-Gk.

SEPUTARGK.ID – Ekspor telur tetas yang dilakukan oleh peternak skala besar salah satunya berasal dari breeding farm di wilayah Gunungkidul. PT. Januputra Sejahtera yang membangun beberapa breeding farm di wilayah Kabupaten Gunungkidul telah melakukan ekspor telur tetas ke beberapa negara tetangga.

Seremoni eksport telur tetas PT. Januputra Sejahtera dilaksanakan pada Sabtu 14 agustus 2021, bertempat di Graha Januputra, Klaten Jawa Tengah. Hadir dalam seremoni ekspor tersebut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa PT. Januputra Sejahtera adalah perusahaan dalam negeri yang telah berhasil melaksanakan eksport telur tetas. Hal ini menunjukkan kemampuan peternak kita untuk bersaing di pasar global. Langkah ekspor ini sekaligus sebagai antisipasi over supply produksi ayam broiler.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tujuan eksport pada bulan September 2021 adalah ke Myanmar sebanyak 166.000 butir telur parent stock. Kemudian pada bulan November Desember 2021 ke Vietnam sebanyak 145.000 butir telur parent stock.

Pada masa pandemi ini, subsektor peternakan khususnya perunggasan telah mampu berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7%. Harapan ke depan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian terus konsisten mendukung pelaku usaha yang sudah bisa eksport, salah satunya dengan menambah kuota impor grand parent stock.

Sebagaimana diketahui, PT. Januputra Sejahtera (Januputra Group) yang berpusat di Klaten Jawa Tengah merupakan salah satu breeding farm besar. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2002. Bisnis yang dilakukan mulai dari budidaya dan pembibitan dari grand parent stock (GPS) dan parent stock (PS). Adapun produk yang dihasilkan oleh perusahaan berupa telur, day old chicken (DOC), ayam afkir, olahan pangan, dan lain-lainnya.

Kapasitas produksi Januputra untuk Day Old Chicken (DOC) sebanyak 14,5 juta per tahun. DOC yang dihasilkan terdiri atas DOC Parent Stock dan DOC Broiler. Tujuan pemasarannya antara lain seluruh pulau Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi. (DPP-GK/GPS/RWD/Bara)

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.