Tanjakan Clongop: Jalur Penghubung Terdekat Antara Gedangsari dengan Wedi Klaten

oleh -300 views
Tanjakan Clongop Gedangsari. Foto: SGstory.

SEPUTARGK.ID – Jalur tanjakan Clongop di Desa Watugajah Gedangsari merupakan jalan penghubung terdekat antara Gedangsari Gunungkidul dengan Wedi Klaten. Tanjakan ini tergolong ekstrim.

Pada awal memasuki jalur tanjakan dari jalan di sebelah timur Puskesmas Gedangsari II, sudut tanjakan masih relatif datar sehingga kendaraan masih dapat lega bernafas. Namun, mendekati segmen akhir tanjakan, sudut tanjakannya mendekati 45 derajat, karena itu butuh dijaga agar kendaraan tidak kehabisan nafas mendaki puncak tanjakan. Sering ada kendaraan baik motor maupun mobil yang terhenti mendekati akhir tanjakan ini.

Jalur ini sekarang menjadi salah satu ruas pilihan para pengguna jalan untuk melintas antara Gunungkidul dan Klaten. Apalagi dengan semakin maraknya penggunaan aplikasi penunjuk jalan di smartphone, pada hari Sabtu-Minggu dan hari-hari libur jalur jalan ini menjadi salah satu alternatif rute terpendek perjalanan ke Gunungkidul dari seputar Wedi Klaten.

Melewati jalur jalan ini tentu membutuhkan kondisi motor atau mobil yang laik jalan, pegemudi yang cakap, serta cara berkendara yang aman dan selamat. Karena itu pastikan kondisi kendaraan prima dan laik jalan saat melintas jalur ini.

Secara teknis, jalur tanjakan ini memang memerlukan perbaikan alinemen jalan, dengan merubah trase dan memperpanjang jalur pendakian, agar memenuhi persyaratan bagi semua jenis/kelas kendaraa, Oya, untuk kendaraan bus atau bus sedang pada saat ini tidak disarankan menaiki jalur tanjakan ini.

Terima kasih sudah menonton klip ini. Silakan beri kritik dan saran agar kami terus bersemangat mendokumentasikan jalur-jalur jalan di Seputar Gunungkidul.

***

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.