Green Village Gedangsari, Destinasi Wisata Saat Ini Lagi Merana

oleh -365 views
Green Village Gedangsari. Foto: SGStory.

SEPUTARGK.ID – Green Village Gedangsari adalah salah satu destinasi wisata di zone utara Gunungkidul. Menawarkan panorama dari puncak pegunungan Batur Agung di Desa Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul. Destinasi wisata ini juga dilengkapi wahana Flying Fox yang diklaim sebagai flying fox terpanjang di Asia Tenggara, panjangnya 625 m.

Sayangnya destinasi wisata ini sekarang tidak terawat dan kurang terurus. Menurut penduduk setempat yang dijumpai, destinasi wisata ini sepi pengunjung sejak pandemi Covid-19 melanda.

Seorang bapak penjual warung di tempat ini yang tak mau disebutkan namanya menjelaskan, dulu wisata ini sempat ramai, ada banyak pengunjung, namun semenjak tarif wahana flying fox dinaikkan menjadi rp 200.000 per orang dari semula Rp 100.000, maka kunjungan ke tempat ini berangsur juga menurun drastis.

Bapak penjual warung yang dahulu juga ditugasi menjadi tenaga kebersihan oleh Pokdarwis menambahkan, para tenaga Pokdarwis sudah tidak lagi menunggui destinasi wisata ini, karena sepi pengunjung. Mereka pada kembali menekuni kerja di berbagai kota terdekat seperti Klaten, Boyolali, Solo, dan Jogja.

Sayang memang, destinasi wisata menarik yang awalnya dibangun dengan penuh semangat, bahkan saat peresmiannya dilakukan sendiri oleh Gubernur DIY Sultan HB X ini sekarang menjadi merana nasibnya.

Dukungan infrastruktur jalan dan komunikasi ke destinasi wisata ini sesungguhnya sudah sangat bagus. Jalan beraspal mulus sudah tersedia sampai di dekat lokasi. Hanya sekitar 3 km jalan mendekati lokasi yang belum beraspal, nanun sudah dicor beton semen.

Ingin melihat suasana Green Village Gedangsari terkini dan mengetahui rute perjalanan ke sana, silakan simak video berikut:

Tentang Penulis: Tugi Widi

Tugi Widi
Lahir Setu Legi, 1970, di Karangmojo Gunungkidul. Ngulandara ke mana rejeki boleh dihampiri. Gemar membaca, memotret, dan menulis.