Jalan Panjang Wahyana Menjadi Wasit Bandminton di Olimpiade Tokyo

oleh -35 views
Wahyana, wasit badminton belisensi internasional ini sehari-hari menjadi guru Olah Raga Kesehatan di SMPN 4 Patuk Gunungkidul. Dok: KH Files.

SEPUTARGK.ID – Nama Wahyana wasit pertandingan badminton asal Indonesia pada gelar Olimpiade Tokyo 2020 telah mewarnai pemberitaan nasional. Prestasi Wahyana bersama para atlet yang berlaga di Olimpiade itu membuktikan bahwa Indonesia masih tetap menjadi negara yang diperhitungkan dalam kancah internasional.

Perjalanan Wahyana menjadi salah satu wasit badminton kelas internasional tentunya bukan perkara penunjukan secara dadakan. Pemegang sertifikasi wasit internasional WBF (World Bandminton Federation) mengaku, kompetensi yang dimilikinya dibangun dari bawah.

Ia pertama kali juga menjadi wasit bulutangkis tingkat lokal. Kemudian menjadi wasit pada pertandingan tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Ketekunan membangun karier di dunia perwasitan bulutangkis tersebut telah ia jalani hampir selama 21 tahun lebih.

Bagaimana kisah perjalanan Pak Guru Wahyana yang sehari-hari mengampu pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) di SMPN 4 Patuk Gunungkidul ini?

Simak obrolan lengkapnya pada edisi Dipodjok Special Space of KH Files.

***

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.