Nglanggeran Gunungkidul Sebagai Ikon Ecospa Di Indonesia

oleh -160 views
Bersama kelompok ecospa Purba Ayu Nglanggeran Gunungkidul.

Gunungkidul kembali patut berbangga karena salah satu Desa Wisatanya, yakni Nglanggeran Gunungkidul diangkat dalam disertasi yang baru saja diujikan dalam promosi sidang terbuka doktor kajian pariwisata di UGM belum lama ini. Disertasi ini mengangkat judul “Model Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Wisata Ecospa di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul Yogyakarta”. Konsep Ecospa tersebut merupakan penemuan keilmuan baru yang dikembangkan di Gunungkidul dan baru pertama kalinya ada di Indonesia.

Konsep yang memadukan antara pemberdayaan masyarakat, kemitraan pemasaran, dan pariwisata ini telah mampu meningkatkan pendapat masyarakat yang tergabung dalam kelompok Spa Purba Ayu. Selain itu beberapa produk Purba Ayu seperti masker cokelat dan lulur cokelat sudah mulai dipasarkan secara luas. Selain itu, kelompok spa yang telah bersertifikat ini seringkali mendapat kunjungan dari wisatawan yang ingin belajar spa.

Harapan ke depan, semoga ecospa dapat menjadi slah satu pilar yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan yang berakar dari kearifan lokal wilayah Gunungkidul. Selain itu, konsep ini dapat menjadi salah satu alternatif wisata yang tidak hanya murah tetapi juga menyehatkan.

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.