Salah Kaprah Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan atau Berkabut

oleh -104 views
Tombol lampu hazard. Dok: carvaganza.

Musim hujan akan segera datang. Berkendara saat hujan tidak dapat dihindari ketika bepergian untuk bekerja atau untuk berbagai keperluan lainnya. Salah satu problema berkendara saat hujan atau situasi berkabut adalah kebiasaan menyalakan lampu hazard yang sesungguhnya justru salah kaprah. Mengapa?

Memang, saat ini masih banyak sekali pengendara yang dengan sengaja menyalakan lampu hazard di saat kondisi hujan deras atau berkabut, padahal penggunaan tersebut justru salah bahkan bisa amat berbahaya.

Apa lampu hazard itu? Lampu hazard ialah saat ketika kedua lampu sein kiri dan kanan nyala atau berkedip di waktu yang bersamaan. Lampu hazard juga kerap di sebut sebagai lampu darurat, namun kondisi darurat yang dimaksudkan di sini nyatanya tak termasuk pada kondisi hujan maupun berkabut.

Penggunaan lampu hazard saat kondisi jalan hujan maupun berkabut terkadang dimaksudkan agar pengendara lain lebih berhati-hati, namun nyatanya penggunaan lampu hazard justru dapat membingungkan pengendara lain.

Hal ini dikarenakan fungsi lampu sein menjadi hilang, sehingga saat pengendara lain ingin berpindah haluan kanan atau kiri, pengendara lain pun akan sulit mendeteksi. Hal itulah yang tak jarang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan di jalan.

Lalu apa yang harus dilakukan demi keselamatan saat kondisi jalan hujan lebat atau berkabut? Saat kondisi tersebut, Anda cukup menyalakan lampu kabut (fog lamp) atau lampu utama saja sehingga penerangan pun akan membantu pengelihatan serta menjadi peringatan bagi pengendara lain. Pada beberapa mobil SUV tertentu, terdapat fitur LED Signature Lamp yang bisa dinyatakan untuk kondisi hujan atau berkabut tersebut.

Lampu hazard pada dasarnya memiliki fungsi pokok sebagai berikut:

  1. Digunakan saat kendaraan mengalami masalah di jalan dan harus menepi. Lampu hazard yang menyala akan memberi peringatan bagi pengendara di belakang Anda.
  2. Memberi peringatan kendaraan di belakang jika ada kecelakaan atau harus berhenti secara tiba-tiba.

Itulah beberapa langkah tepat dalam menggunakan lampu hazard di jalan. Untuk itu, gunakan lampu hazard di saat yang tepat. Dengan begitu, ketika kita berkendara dengan mobil apapun bersama teman maupun keluarga, kita akan tetap aman di jalan. Pengendara lain pun akan memaknai dengan benar tanda-tanda tersebut ketika berada di jalan.

***

Sumber: nissan.co.id

Tentang Penulis: Tugi Widi

Avatar
Lahir Setu Legi, 1970, di Karangmojo Gunungkidul. Ngulandara ke mana rejeki boleh dihampiri. Gemar membaca, memotret, dan menulis.