Abon Gatotkaca Dan Solidaritas Atasi COVID-19

oleh -69 views
Anggota PPJI Berfoto dahulu sebelum berangkat kegiatan

Pandemi yang melanda seuruh dunia ini membangkitkan solidaritas dari seluruh komunitas masyarakat. Setiap  komunitas memiliki caranya sendiri untuk bersolidaritas. Seperti yang dilakukan oleh kalangan wirausaha yang bergerak di olahan makanan yang bernaung di bawah organisasi  Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) ini.

Secara kebetulan anggota perkumpulan ini mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Perindustrian dan Dinas Pariwisata DIY untuk menyiapkan pengadaan Abon ayam dan kering tempe.

DPD PPJI DIY sebagai payung para anggota di tingkat propinsi  kemudian menawarkan kepada anggotanya untuk berpartisipasi dalam produksi abon ini. Anggota yang ada di Kota Yogya mengambil kesempatan untuk memproduksi 10.000 pak abon ayam dan kering tempe yang masing-masing dipacking dalam kemasan 100 gram dan 150 gram.

Sementara itu anggota di Kabupaten Gunungkidul mendapat bagian untuk memproduksi 2.000 pak. Makanan olahan  senilai 15.000 dan 24.500 ini merupakan stimulus yang dilakukan pemerintah dan pengurus perkumpulan untuk menggerakkan produksi UKM di tengah lesunya kegiatan ekonomi.

Sri Wahyuni Dewi, Ketua DPD PPJI DIY menyampaikan bahwa abon dan kering tempe ini didistribusikan saat kegiatan bakti sosial pada tanggal 29 Juni 2020. “Peluang memang sering datang pada waktu yang sempit,” katanya. Waktu untuk pengadaan abon ini relatif mepet, sehingga hanya diambil 10 ribu pak, dan masing-masing 2.000 pak diserahkan untuk dikerjakan oleh anggota di masing-masing kabupaten.

Produk Abon yang diberi merk Abon Gatotkaca ini kemudian dikumpulkan di kantor Dinas Pariwisata di Gudang Hasil tani , Jln Kabupaten Kronggahan no 02, Kronggahan 1, Gamping, Sleman.  Sementara dari sumber masing – masing ketua DPC untuk teknis pengerjaanya ada yang di kerjakan DPC secara bersama sama. Ada juga yang di kerjakan masing- masing anggota.

Wanto Harusno, Ketua PPJI Gunungkidul menyerahkan bantuan abon

Dihubungi secara terpisah, ketua DPD PPJI DI Yogyakarta Hj Sri Wahyuni Dewi , SE MM berharap agar kepercayaan ini tidak disia – siakan dan jangan hanya mengejar keuntungan semata namun tetap harus mengedepankan dan  menjaga kwalitas. Sehingga diharapkan untuk waktu yang akan datang DPD PPJI DI Yogyakarta nanti bisa mendapatkan kepercayaan lagi.

Sementara dari DPC Gunung kidul, melalui ketuanya Wanto Harusno mengingatkan kepada para anggotanya untuk terus aktif saling berkomunikasi dan menjaga kebersamaan agar setiap ada informasi menyangkut kegiatan organisasi PPJI, dapat segera ditanggapi. (Heru T.)

ucapah hut GK KH

Tentang Penulis: Heru Tricahyanto

Heru Tricahyanto
Saya lahir di Gunungkidul menyelesaikan SMP di Wonosari, lalu selepas itu ke Jogja sampai lulus kuliah. Belum pernah kerja kantoran walau punya ijazah, buka usaha komputer di Wonosari. Saat ini sedang menekuni hobi menulis dan usaha di bidang kuliner, yaitu warung Kopi Angkringan Wonosari (http://gopi.link/2f274)