Bronjong Produk Sambeng Ngawen Terjual Sampai Jawa Timur

oleh -149 views
Tona dan home industri bronjong dari Dusun Sambeng Sambirejo Ngawen. Dok: Tugi.

SEPUTARGK.ID – Dusun Sambeng 1 dan Sambeng 2 Desa Sambirejo Ngawen dikenal sebagai Sentra Pembuatan Bronjong plastik. Produk anyaman plastik lainnya adalah pot, box pakaian, tomblok, keranjang, ikrak, dan lainnya.

SeputarGK.ID berkesempatan dolan ke salah satu workshop home industri bronjong yang dikelola Totom Yulianto (36). Totom atau Tona Bronjong adalah salah satu wirausaha muda dari Dusun Sambeng 1, Sambirejo, Ngawen, Gunungkidul. 1. Tot Tona Bronjong.  untuk melihat berbagai produk kerajinan anyaman plastik ini, sekaligus mengamati secara langsung proses pembuatannya.

Tona bersama puluhan warga dusun Sambeng adalah pelaku industri kreatif yang adaptif terhadap perkembangan jaman dan kebutuhan pasar. Tercatat ada sebanyak 50-an rumah tangga di Dusun Sambeng 1 dan Sambeng 2 yang membuat berbagai perkakas rumah tangga dari anyaman lembaran plastik pengganti anyaman bambu.

Tona dan kawan-kawannya memang bukan tipologi generasi muda perdesaan yang berpangku tangan mengharap bantuan pemerintah. Mereka adalah para pelaku usaha mandiri yang mampu menghidupi diri sendiri, keluarga, dan menggeliatkan perekonomian desanya.

Simak videonya sampai selesai ya lurrr. Yang pengen melihat-lihat produk Tona Bronjong secara detail dapat ikuti youtube berikut:

Tentang Penulis: Tugi Widi

Tugi Widi
Lahir Setu Legi, 1970, di Karangmojo Gunungkidul. Ngulandara ke mana rejeki boleh dihampiri. Gemar membaca, memotret, dan menulis.