HUT RI Ke 72, Panggang Gelar Lomba Kemajuan Padukuhan

oleh -336 views
Tim evaluasi Padukuhan tingkat Kecamatan Panggang tiba di Padukuhan Tanggung. KH/ Hari.
Tim evaluasi Padukuhan tingkat Kecamatan Panggang tiba di Padukuhan Tanggung. KH/ Hari.

PANGGANG,(KH),– Dalam rangka menyambut HUT RI Ke 72, Kecamatan Panggang menggelar lomba antar dusun. Dalam pelaksanaannya, setiap desa menunjuk satu dusun andalan menjadi wakil mengikuti lomba tersebut.

Camat Panggang, A.G. Gunawan menjelaskan, Padukuhan perwakilan masing-masing desa dinilai oleh tim evaluasi tingkat Kecamatan. “Poin penilaian dalam lomba ini adalah sejauhmana kemajuan masyarakat dalam membangun padukuhannya, baik fisik maupun non fisik,” ujarnya Kamis, (10/8/2017) ketika menghadiri penilaian di Padukuhan Tanggung.

Lanjutnya, kemajuan terkait dengan peningkatan perekonomian utamanya menyangkut kebutuhan primer mencakup penyediaan pangan, kondisi bangunan atau hunian (papan) serta sandang. Menurut Gunawan, lomba juga bertujuan untuk meningkatkan jiwa kebangsaan dan patriotisme serta meningkatkan mental spriritual.

Padukuhan Tanggung, Desa Girimulyo menjadi salah satu peserta pada lomba tersebut. Dalam kegiatan tersebut menampilkan sebagian besar potensi yang ada, seperti Jatilan, reog, shalawatan, gejog lesung, wayang, toklik serta senam Gunungkidul, disamping itu ada pula pameran tosan aji  dan juga prestasi klub olahraga bola voly.

Dukuh Tanggung, Kasdiono Sumo Pawiro mengatakan disamping mewakili Desa untuk mengikuti lomba, kegiatan juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya sekaligus merupakan wujud semangat untuk memperingati HUT RI 72.

“Semoga kedepan khususnya Padukuhan Tanggung semakin maju dan makmur serta mampu melestarikan budaya. Semangat membangun daerah selalu berkobar,” pungkas Kasdiono. (Hari)