Meditasi Mindfulness dan Manfaatnya terhadap Ketahanan Mental

oleh -301 views
Berdoa atau bersemedi adalah bagian dari mindfulness meditation. Foto: Wahyu Widayat.

SEPUTARGK.ID – Dalam tradisi berbagai agama dan kepercayaan kuno telah dikenal usaha atau cara untuk memperkuat ketahanan mental, hanya saja istilahnya disebut sebagai upaya menumbuhkan ketenangan batin. Berbagai jenis tindakan untuk tujuan itu, dikenal sebagai doa-puasa, berzikir, tirakat, lelaku atau nglakoni, semedi, tapa-brata, dan sebagainya.

Dalam ranah psikologi dan kesehatan mental, dikenal pula istilah meditasi kesadaran (mindfulness meditation). Meditasi mindfulness adalah salah satu teknik meditasi yang paling populer.

Meditasi dapat didefinisikan dengan berbagai cara. Definisi sederhananya adalah melatih perhatian untuk mencapai kondisi mental dalam konsentrasi tenang dan emosi positif. Secara prinsip, meditasi mindfulness ini memiliki dua bagian utama: perhatian dan penerimaan.

Menilik perjalanan sejarah, masyarakat sudah mengenal meditasi dari ribuan tahun lalu. Di mana masyarakat bermeditasi sebagai bagian dari latihan spiritual. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, meditasi telah menjadi cara yang populer untuk membantu mengelola stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dari banyak penelitian, diperoleh simpulan bahwa meditasi terbukti efektif dalam menjaga kesehatan fisik dan mental.

Ahli psikolog mengungkapkan, bahwa meditasi mindfulness dapat mengubah otak dan biologis manusia secara positif serta meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Meditasi mampu mengubah biokimia otak dengan mengurangi stres yang berkaitan dengan usia dan berkurangnya saraf di otak sehingga mendukung usia otak yang lebih panjang, menjaga plastisitas otak, dan menjaga proses pembelajaran sepanjang hayat manusia.

Mindfulness sediri bermakna mengetahui secara langsung apa yang terjadi di dalam dan di luar diri kita pada setiap momentum. Dengan meditasi mindfulness menjadikan kita lebih sadar akan momentum saat ini dan dapat membantu kita lebih menikmati dunia di sekitar kita dan memahami diri kita dengan lebih baik.

Ketika kita menjadi lebih sadar akan saat ini, maka kita mulai mengalami hal-hal baru dari yang sebelumnya kita anggap remeh. Kesadaran seperti ini juga membantu kita menyadari tanda-tanda stres atau kecemasan dan membantu kita dapat menghadapinya dengan lebih baik.

Meditasi dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental bagi sebagian besar orang. Beberapa penelitian telah menemukan dampak positif meditasi dalam mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan. Beberapa penelitian juga menyarankan, bahwa meditasi mindfulness ini dapat membantu seseorang dalam mengatasi kecemasan, memiliki kecanduan terhadap hal atau zat tertentu, perilaku agresi, keinginan atau pikiran untuk bunuh diri, dan gangguan depresi.

Sebuah studi lainnya yang membahas dampak meditasi juga mengungkapkan adanya kemungkinan peran meditasi dalam membantu pengobatan penyakit kronis, seperti: nyeri kronis, insomnia, dan hipertensi.

Hal praktis yang diperoleh dengan meditasi mindfulness ternyata membawa dampak pada peningkatan kemampuan diri untuk memahami informasi yang diterima oeh panca indera dan perbedaan persepsi serta peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Lantas, apa dan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melatih meditasi mindfulness ini? Berikut adalah beberapa cara untuk melatih meditasi mindfulness diambil dari makalah Mindfulness Meditation: A Research-Proven Way to Reduce Stress, American Psychological Association, 2019:

Bernafas Dalam-Dalam

Teknik ini bagus untuk pemula, karena pernapasan termasuk fungsi tubuh alami. Fokuskan semua perhatian pada pernapasan.

Berkonsentrasilah pada perasaan dan mendengarkan suara menarik dan menghembuskan napas melalui lubang hidung. Bernapaslah dalam dan perlahan. Saat perhatian mulai terbagi, kembalikan fokus ke pernapasan dengan hati-hati.

Amati Tubuh

Saat menggunakan teknik ini, fokuskan perhatian pada berbagai bagian tubuh. Sadari berbagai sensasi tubuh, baik itu rasa sakit, kehangatan, ketegangan atau relaksasi.

Ulangi Mantra

Mantra dapat dibuat sendiri atau dengan doa menurut agama masing-masing.

Meditasi dan Berjalan

Menggabungkan jalan dengan meditasi adalah cara yang efisien dan sehat untuk bersantai. Teknik ini dapat dilakukan di mana pun, baik di taman, hutan, atau mal.

Berdoa

Berdoa adalah contoh meditasi yang paling dikenal dan paling banyak dipraktikkan.

***

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.