Pandemi Covid Tak Begitu Berpengaruh pada Kegiatan Perikanan Tangkap

oleh -121 views
Pendampingan nelayan Pantai Gesing. Dok: DKP-Gk.

Pandemi Covid-19 tak begitu berpengaruh pada kegiatan perikanan tangkap di wilayah Gunungkidul. Hal ini terungkap dalam kegiatan pendampingan yang dilaksanakan DKP Kabupaten Gunungkidul kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) bertempat di Pantai Gesing, Girikarto, Panggang, akhir Oktober 2020 lalu.

Kegiatan pendampingan KUB tersebut diikuti sejumlah nelayan Pantai Gesing dan dihadiri Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Kepala Seksi Kenelayanan, Kepala Seksi Pengendalian Penangkapan, dan Penyuluh Perikanan Kecamatan Panggang.

Dalam pendampingan tersebut, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Handoko STP MSi mengajak agar kelompok selalu berkomunikasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan tentang dinamika kelompoknya. Dari hasil temuan lapangan, ia menegaskan bahwa nelayan juga patut bersyukur karena sektor perikanan tangkap tidak begitu terpengaruh dengan pandemi yang tengah terjadi. Handoko juga berpesan, agar seluruh anggota kelompok terus menjaga kekompakan dan kerukunan antar nelayan.

Dalam pendampingan tersebut, narasumber lainnya Karim Akhmadi SPiĀ  menegaskan pentingnya nelayan selalu mematuhi peraturan yang ada, termasuk penggunaan alat tangkap yang sesuai dengan aturan. Dan yang tidak boleh diabaikan, penggunaan alat keselamatan dalam melaut agar terus diperhatikan.

enurut catatan DKP Gunungkidul, nelayan Patai Gesing sendiri dalam beberapa pekan terakhir mendapatkan hasil tangkapan yang relatif banyak. Hal tersebut karena banyaknya ikan layur yang tertangkap seperti halnya di titik-titik pendaratan lain di Gunungkidul. (Bara/DKP-Gk).

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.