TTP Nglanggeran Dikunjungi Siswa SMAN 1 Blega Bangkalan

oleh -138 views
Kunjungan karya siswa SMAN 1 Blega Bangkalan ke TTP Nglanggeran. Dok: RY/Dpp-Gk.

Popularitas Taman Teknologi Pertanian (TTP) Nglanggeran menarik berbagai kalangan untuk berkunjung. Seperti halnya para siswa SMAN 1 Blega Bangkalan Madura yang menyelenggarakan Karya Wisata Siswa ke TPP Nglanggeran pada Selasa (7/1/2020) lalu. Rombongan siswa dipimpin Guru Pendamping Afifah, S.Pd. SelakuĀ  Koordinator Program Karya Wisata Siswa SMA Negeri 1 Blega Bangkalan Madura. Rombongan diterima Dinas Pertanian Dan Pangan yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Dinas Pertanian Dan Pangan Raharjo Yuwono bersama Kasie P2HP Sustiwi, SPt.

Rombongan siswa terdiri 2 bus sejumlah 100 siswa datang pagi hari langsung diantar berkeliling Embung Nglanggeran dan Kebun Buah oleh pengelola TPP Sudiyono. Acara dilanjutkan penyambutan oleh Dinas Pertanian Dan Pangan di ruang pertemuan TPP. Dalam pengantarnya, Afifah, SPd. menjelaskan bahwa para siswa berasal dari Klas XII IPA. Maksud dan tujuan para siswa adalah mengenalkan teknologi bidang pertanian, sehingga nantinya akan menarik minat para siswa apabila nantinya akan meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dari Dinas Pertanian Dan Pangan Gunungkidul kemudian menjelaskan sejarah berdirinya TPP Nglanggeran dimulai dari pembangunan embung dan kebun buah Nglanggeran diteruskan pembangunan TPP. TPP merupakan taman teknologi yang mengintegrasikan Kakao baik pembudidayaan dan pengolahannya sampai menjadi Choger, juga Permen Cokelat. Selain itu juga Integrasi Ternak Kambing PE, serta budidaya bunga Krisan.

Banyak pertanyaan dari siswa sebagai ujud ketertarikan pada keberadaan TPP misalnya dari Ulva yang menanyakan bagaimana komposisi pakan ternak PE biar menghasilkan susu yang optimal. Juga pertanyaan apakah budidaya durian bisa dikerjakan di Bangkalan yang merupakan dataran rendah, serta bagaimana TPP bisa berdiri di Nglanggeran Patuk.

Semua pertanyaan dijelaskan satu persatu oleh Dinas Pertanian Dan Pangan maupun pengelola TPP. Selain itu juga Dinas Pertanian Dan Pangan menyambut baik ketertarikan kaum milenial terhadap pertanian sehingga nantinya ada keberlanjutan.

Acara dilanjutkan kunjungan lapangan baik di pengolahan coklat dan kebun durian serta peternakan kambing Peranakan Etawa (PE) dipandu pengelola TPP dan Pendamping Kebun TPP.(RY/DPP-GK/Bara).

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.