Ngekol

oleh -149 views
Penggunaan mobil pickup untuk mengangkut penumpang masih umum dijumpai di daerah Papua. Foto: Tugi.

SEPUTARGK.ID – Generasi muda Gunungkidul jaman now barangkali sudah nggak kenal apa itu “ngekol”. Ya, ngekol itu istilah populer jadoel tahun 70an sampai akhir 80an untuk numpak kendaraan beroda empat, baik kendaraan penumpang maupun kendaraan pengangkut barang.

Apapun mobilnya, dulu disebut “ngekol”. Mungkin karena kendaraan paling populer waktu itu Colt T-100 atau Colt T-120 keluaran pabrikan Jepun Mitusbishi. Basis Colt T-120 adalah kendaraan bak terbuka pengangkut barang. Dulu ada banyak dirombak, bak belakang diberi penutup dan atap menjadi kendaraan serbaguna. Bisa menjadi mobil angkudes, buat angkut penumpang, barang, juga ternak ayam, kambing, sampai pedhet.

Penggunaan mobil bak terbuka menjadi kendaraan serbaguna, mengangkut penumpang maupun barang untuk beragam keperluan saat ini juga masih jamak dijumpai di Papua. Seperti siang ini, serombongan keluarga menaiki kendaraan bak terbuka Suzuki Carry terbaru. Mereka sedang berhenti di depan Saga Supermarket, Sentani, Jayapura. Tampaknya sedang menunggui salah satu anggota keluarga yang berbelanja di toko itu.

Saya kok jadi teringat jaman narayana mbiyen, jaman ngekol jurusan Gelaran – Banyubening – Stamplat lawas Wonosari.

***

Tentang Penulis: Tugi Widi

Tugi Widi
Lahir Setu Legi, 1970, di Karangmojo Gunungkidul. Ngulandara ke mana rejeki boleh dihampiri. Gemar membaca, memotret, dan menulis.