Pahlawan Revolusi Kol Sugijono di Mata Keluarga Besarnya

oleh -480 views
Sugeng Pratopo menceritakan kenangan Alm Kol Sugijono di mata keluarga. Dok: KH Files.

SEPUTARGK.ID – Kolonel Sugijono adalah salah satu pahlawan revolusi yang gugur dalam pergolakan peristiwa politik 1965. Beliau pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Staf Korem 072 Pamungkas Yogyakarta, Kodam VII Diponegoro.

Kolonel (Anumerta) Sugijono lahir dan tumbuh dari keluarga petani di Desa Gedaren Ponjong Gunungkidul. Awalnya bercita-cita menjadi guru setelah menamatkan Sekolah Guru Pertama di Wonosari.

Namun, kemudian Sugijono muda kemudian masuk menjadi anggota PETA (Pembela Tanah) pada jaman pendudukan Jepang, kemudian pada menjadi anggota TKR/BKR dan sebelum akhirnya menjadi TNI pada awal revolusi fisik kemerdekaan Indonesia.

KH Files berkesempatan ngobrol hangat dengan Sugeng Pratopo, salah satu keponakan Kol Sugijono. Pensiunan ASN yang terakhir menjabat Kadis Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa Kabupaten Gunungkidul dan yang tinggal di Sumbergiri Ponjong ini menceritakan kenangannya tentang “Om Giek”. Ya, Om Giek adalah panggilan akrab keluarga kepada Kol Sugijono.

Di mata keluarga besar, Sugijono mewariskan 3 hal besar yang terus dikenang: visioner, disiplin, dan bertanggung jawab.

Bagaimana kisah lengkapnya? Tetap simak program Dipodjok, Special Space of KH Files.

Tentang Penulis: Kandar KH

Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.

No More Posts Available.

No more pages to load.