Pohon Wiyu

Pohon wiyu di antara rerimbunan resan Masjid an-Nasr, Candisari, Hargosari. Foto: Woro.

Gunungkidul meski daerah gunung kapur tanahnya subur. Bukti paling sahih adalah banyaknya pohon-pohon yang tumbuh menjulang tinggi dan berumur hingga ratusan tahun.
Pohon-pohon besar yang tumbuh di Gunungkidul beragam jenisnya. Salah satunya adalah pohon wiyu.

Dahulu, Bagi among tani daerah Menthel Tanjungsari, pohon wiyu memiliki peran penting dalam menentukan musim tanam. Pohon wiyu dianggap tanda alam paling tepat dan akurat dalam menentukan ‘mongso rendheng‘ dibanding┬átanda-tanda alam lain. Pohon wiyu merupakan tumbuhan terpenting dalam sistem pranata mangsa yang mereka percayai.

Bacaan Lainnya

Tadi pagi saya meluangkan waktu untuk melihat langsung pohon wiyu di area ‘resan‘ masjid an-Nasr Candisari Menthel. Saya beruntung bisa berbincang sejenak dengan Mbah Pawiro, sesepuh yang rumahnya berdekatan dengan pohon yang daunnya sedikit berbulu tersebut.

Mbah Pawiro bercerita, dahulu among tani di Menthel dan Piyuyon baru akan benar-benar berani ‘nyebar gabah‘ dan ‘kowak‘ palawija mana kala bunga wiyu sudah berguguran dan berganti tunas daun yang lebat. Saat itulah musim hujan sudah benar-benar tiba, bukan sekedar hujan gerimis dan jarang turun.

“Titene simbah-simbah riyen menawi kembang (wiyu) pun gogrok lan lung wes kebak, ngasi ibarate ana gagak mencok neng wit wiyu awake wes ra ketara, ngalamat udan deres wes bakal tiba,” begitu kisahnya

Sayangnya, 3 tahun yang lalu pohon wiyu besar itu sudah mati termakan usia. Dia masih berdiri kokoh dan menjulang tinggi, namun sudah tak hidup lagi, tak mampu menumbuhkan tunas-tunas daun lagi. Dan para among tani di Menthel pun kehilangan tanda alam dalam menentukan musim tanam paling akurat.

Sebenarnya di samping pohon wiyu yang sudah mati tersebut sudah tumbuh generasi baru dengan ukuran dan tinggi yang hampir sama. Namun entah mengapa pohon itu belum bisa mengganti peran ‘induknya’. Entahlah, barangkali belum cukup usia atau mungkin karena tatanan pranata mangsa sudah kacau.

Barangkali para sedulur di Seputar Gunungkidul punya cerita tentang pohon-pohon besar di lain tempat. Sumangga, kita tukar kawruh.

***

Lokasi: ‘Resan’ Masjid an-Nasr, Candisari, Hargosari, Tanjungsari

Facebook Comments Box

Pos terkait