Mengapa Pakan Hijauan Harus Dicacah?

oleh -277 views
Mencacah hijauan pakan ternak. Dok: Slamet Harjo.

 

Sahabat tani ternak, kami berdoa semoga Anda sehat dan bahagia.

Pada kesempatan ini kami mau berbagi pengetahuan, pentingnya mencacah pakan hijauan sebelum diberikan kepa sapi kita.

Sahabat tani ternak di pedesaan. Tahukah bahwa produktivitas ternak dipenga­ruhi oleh faktor lingkungan sampai 70% dan faktor genetik hanya sekitar 30%. Di antara faktor lingkungan tersebut, aspek pakan mempunyai pengaruh paling besar yaitu sekitar 60%.

Hal ini menunjukkan, bahwa walaupun potensi genetik ternak tinggi, namun apabila pemberian pakan tidak memenuhi persyaratan kuantitas dan kualitas, maka produksi yang tinggi tidak akan tercapai.

Disamping pengaruhnya yang besar terhadap produksi ternak, faktor pakan juga merupakan biaya produksi yang terbesar dalam usaha peternakan. Biaya pakan ini dapat mencapai 60 – 80% dari keseluruhan biaya produksi.

Bahan pakan utama ternak sapi penggemukan adalah dalam bentuk hijauan yaitu berasal dari rumput unggul, rumput lokal dan leguminosa. Beberapa contoh hijauan pakan unggul berupa rumput yang dapat dibudidayakan adalah: rumput gajah, rumput pakchong, rumput odot, rumput raja, rumput setaria, rumput Meksiko dan lain-lainnya. Sedangkan hijauan pakan unggul berupa daun-daunan adalah leguminosa  (kacang-kacangan seperti centro, siratro, lamtoro/petai cina dan gamal).

Pemberian hijauan untuk ternak sapi yang dipelihara untuk penggemukkan ternyata memerlukan sedikit trik agar lebih efisien dan tidak banyak terbuang. Cara yang bisa digunakan adalah dengan mencacah atau chopping hijauan sebelum diberikan pada ternak sapi.

Hijauan jenis rumput lapangan mungkin tidak perlu dichopper karena ukurannya yang pendek dan tidak ada batang kerasnya.

Jenis hijauan yang sebaiknya dicacah sebelum diberikan pada sapi antara lain: Rumput gajah, Rumput raja, Rumput odot, Tebon jagung, Jerami padi, Sorghum dll.

Nah sahabatku, mengapa kita harus mencacahnya terlebih dahulu, inilah beberapa keuntungan jika pakan hijauan dicacah dulu sebelum diberikan kepada sapi:

  • Sedikit hijauan yang terbuang karena ternak sapi tidak bisa memilih yang disukainya saja seperti hanya memakan daunnya saja atau pucuk hijauannya saja.
  • Membantu proses pencernaan pada sapi.
  • Jika dicampurkan pada konsentrat maka hijauan cacah akan lebih mudah tercampur sehingga pakan lebih homogen.
  • Hijauan yang dicacah akan berkurang kadar airnya dan juga akan sedikit layu yang bermanfaat untuk mencegah bloat atau kembung pada ternak sapi.
  • Hijauan yang dicacah bisa disimpan dengan dibuat silase agar umur pemakaiannya bisa lebih lama.
  • Semua bagian rumput atau hijauan akan terpakai semua dan dimakan sapi sehingga bisa mengurangi waste feed atau pakan sisa.

Trimakasih. Ketemu lagi di artikel selanjutnya.

Tentang Penulis: Slamet Harjo

Warga Nglipar Gunungkidul. Pemilik percetakan CV Catur Warna Indah Wonosari. Aktivis pertanian, peternakan, dan aktivis diskusi di media sosial. Mantan anggota DPRD DIY 2014-2019.

No More Posts Available.

No more pages to load.