Tempe Semangit Jangan buru-buru Dibuang, Kenali Beberapa Manfaatnya!

oleh -82 views
tempe
Olahan masakan dengan bahan tempe semangit. (Slamet Harjo)

 

SeputarGK.id,– Berawal dari kehidupanku masa kecil, dimana saya dibesarkan oleh seorang ibu yang berprofesi sebagai pedagang tempe kedelai, oleh karena itu tempe menjadi makanan faporitku tak terkecuali tempe semangit.

Tempe semangit yang terlihat menjijikkan bagi sebagian orang yang tidak suka, namun sejatinya justru terkandung banyak manfaat di dalamnya.  Tempe semangit atau “ tempe bosok “ dalam bahasa jawa dapat dimasak menjadi beberapa jenis lauk yang sedap misalnya : di-bakar, di-oseng-oseng, sayur lombok ijo dibuat kering, dibuat sambal tempe dll.

Inilah beberap manfaat tempe busuk / tempe semangit yang kami rangkum dari seruni.id dan makasar.sindonews.com. al:

  1. Sumber Antioksidan

Tempe busuk bisa menghasilkan ekstrak metanol yang berubah menjadi antioksidan sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Tempe busuk memiliki kandungan vitamin B12 dan juga riboflavin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini tentu memberikan dampak baik pada kesehatan.

 

  1. Menambah Nafsu Makan

Bukan rahasia lagi, tempe busuk sudah sering digunakan orang zaman dulu untuk menambah nafsu makan anak-anak. Dengan diberi tempe busuk, nafsu makan anak-anak akan bertambah.

 

  1. Sebagai Penyedap Rasa

Tempe busuk juga sering dimanfaatkan untuk menambah rasa sedap masakan seperti pad sayur. Dengan menambahkan sedikit tempe busuk, masakan menjadi lebih sedap dan mantap.

 

  1. Dapat Menyembuhkan Infeksi

Infeksi bisa menyertai luka terbuka maupun terjadi di dalam tubuh. Keadaan ini biasanya akan semakin parah ketika bakteri jahat semakin berkembang, dan membuat luka tak kunjung sembuh. Jika kamu suka mengonsumsi olahan makanan yang terbuat dari tempe busuk, mungkin tanpa disadari, ketika terdapat luka di anggota tubuhmu, itu akan lebih cepat mengering dan terbebas dari masalah infeksi. Hal ini dikarenakan tempe busuk mengandung anti bakteri yang dapat dicerna sempurna oleh tubuh sehingga berdampak juga untuk mengatasi masalah infeksi pada tubuh.

 

  1. Mengatasi Perut Kembung

Selain itu, tempe yang sudah busuk ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi masalah perut kembung. Perut kembung biasanya disebabkan oleh kondisi perut kosong yang lantas diperparah dengan kondisi masuk angin. Manfaat serupa juga bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan kencur dan asam jawa.

 

  1. Mengatasi Kanker

Tempe yang telah membusuk mengandung vitamin B12 dan beberapa kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah perkembangan sel kanker. Sel kanker biasanya terbentuk karena dampak dari radikal bebas yang kini tengah marah berada di sekitar kira. Radikal bebas memang tidak dapat dihindari, namun perkembangannya menjadi sel kanker dapat dicegah bahkan diatasi. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C dan antioksidan adalah kunci utama untuk menghindari kanker di samping memiliki pola gaya hidup sehat.

 

  1. Cocok untuk Diet

Karena kandungan protein tinggi dalam tempe yang sudah busuk mencapai 18 jenis protein yang cocok dicerna, maka sangat pas sekali dikonsumsi bagi kalian yang sedang menjalani program diet.

 

  1. Mengurangi Risiko Jantung

Pengaruh negatif yang dihasilkan dari kolesterol jahat di dalam tubuh juga bisa dinetralisirkan dengan mengonsumsi tempe busuk yang mengandung lemak tak jenuh ganda, omega 3 dan omega 6 sehingga akan mengurangi risiko jantung koroner.

 

  1. Sebagai Nutrisi untuk Tulang

Faktanya, tempe yang sudah busuk kaya akan kandungan kalsium yang jelas penting untuk menunjang kesehatan tulang. Pertumbuhan tulang sendiri juga tidak hanya butuh asupan kalsium saja, namun juga asupan gizi yang seimbang. Dengan mengonsumsi makanan dari olahan tempe ini, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni meningkatnya nafsu makan dan juga asupan kalsium yang mana keduanya sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang yang optimal.

Tentang Penulis: Slamet Harjo

Slamet Harjo
Warga Nglipar Gunungkidul. Pemilik percetakan CV Catur Warna Indah Wonosari. Aktivis pertanian, peternakan, dan aktivis diskusi di media sosial. Mantan anggota DPRD DIY 2014-2019.