Teh Tang dari Tegal

oleh -221 views
Seduhan teh Tang. Foto: Heru.

SEPUTARGK.ID – Meski tidak punya perkebunan teh, di Tegal berdiri tiga perusahaan teh yang pasarnya cukup besar yaitu Teh Sosro, Tong Tji, dan Tang. Pabrik Teh Tang sudah berdiri sejak tahun 1940-an. Kemasan produk keluaran pabrik ini tetap bertahan menggunakan ejaan lama: Thee Tang.

Warung angkringan kami, Kopi Angkringan Wonosari menjadi salah satu pelanggan setia produk teh ini. Dari pengalaman menggunakan produk teh ini, setelah diseduh dengan air mendidih, warna yang dihasilkan coklat tua, namun aroma wangi tidak terlalu kuat. Ada rasa sepet ketika disesap.

Sekian lama menjadi penjual angkringan, kami menjadi mengerti, citarasa seduhan teh ternyata juga bergantung kepada air yang dipakai. Inilah mengapa setiap daerah memiliki teh favorit bagi masyarakatnya.

Untuk keperluan keluarga di rumah, kami selalu memakai air hujan untuk air minum kami. Seduhan teh memakai air hujan umumnya relatif lebih bening. Dan ternyata rasa asli teh lebih keluar dan tambahan rasanya lebih segar.

***

Tentang Penulis: Heru Tricahyanto

Heru Tricahyanto
Saya lahir di Gunungkidul menyelesaikan SMP di Wonosari, lalu selepas itu ke Jogja sampai lulus kuliah. Belum pernah kerja kantoran walau punya ijazah, buka usaha komputer di Wonosari. Saat ini sedang menekuni hobi menulis dan usaha di bidang kuliner, yaitu warung Kopi Angkringan Wonosari (http://gopi.link/2f274)