Umur Berapa Bibit Pepaya California Siap Tanam?

oleh -183 views

Sahabat petani yang budiman, bagaimana kabarmu hari ini ? Semoga Anda selalu diberikan kesehatan dan kemakmuran lahir batin.

Kali ini saya mau berbagi pengalaman dalam budidaya penanaman pepaya kalifornia ya sahabat.

Pengalaman saya nanam tidak banyak namun cukup untuk pembelajaran saja dan jika ingin tanam banyak tinggal kalikan saja volumenya.

Yang sering ditanyakan teman-2 adalah umur berapa sebaiknya bibit pepaya california siap dipindahkan ke lahan dari semai di polibag.

Sebelum disemaikan, benih yang masih kering perlu dikecambahkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mempersingkat waktu budidaya pepaya.

Pertama-tama rendam benih dalam air hangat kuku selama satu malam. kemudian pilih biji tenggelam atau tidak mengapung dalam air.
<span;>Siapkan kertas tisu sebagai pembungkus, basahi tisu tersebut dengan air.

Tebarkan biji yang telah direndam di atas tisu kemudian tutup atasnya dengan tisu dan siram atau basahi. masukkan bungkusan benih tersebut dalam besek (kotak anyaman bambu) atau wadah lain yang serupa.

Tempat atau wadah harus yang bisa tembus air atau mengalirkan air.letakkan wadah tersebut di sinar matahari, jangan terlalu terik, perkecambahan benih membutuhkan suhu kira-kira 30 derajat celcius.

Benih akan berkecambah setelah 7-10 hari, atau bisa lebih.setelah benih berkecambah menjadi bibit, pindahkan kecambah-kecambah tersebut dalam polybag semai, satu bibit satu polybag.

Pilih polybag kecil dengan ukuran 9×10 cm. sebelumnya, isi polybag tersebut dengan media persemaian terdiri dari tanah, kompos, arang sekam yang telah diayak dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah bibit dipindahkan basahi media untuk menjaga kelembaban. kemudian letakkan polybag-polybag tersebut tempat yang teduh yang ternaungi.

Naungan bisa dibuat dari plastik bening atau paranet,  fungsinya untuk melindungi bibit dari kucuran hujan langsung, sengatan matahari dan terpaan angin.

Bibit siap dipindahkan ke lahan tebuka setelah berumur 2-2,5 bulan sejak disemaikan.

Setelah lubang tanam siap, pindahkan bibit dari polybag semai ke lubang tanam. umur bibit yang siap dipindahkan minimal 2-2,5 bulan setelah semai. lakukan penyiraman pagi atau sore hari setidaknya hingga tanaman berumur 1,5 bulan sejak dipindahkan.

Terdapat dua kebiasaan petani dalam budidaya pepaya, yaitu menanam satu bibit dalam satu lubang tanam atau dua bibit dalam satu lubang semai. tujuan penanaman dua bibit untuk menghindari tumbuhnya pepaya jantan dan pepaya betina serta memudahkan penyulaman.pada bulan ke-4, ketika pepaya berbunga pertama kali, dilakukan seleksi untuk mencabut pepaya yang tidak dikehendaki. pada akhirnya hanya satu pepaya sempurna per lubang tanam yang dibiarkan tumbuh hingga berbuah.

Dihimpun dari begerapa sumber dan pengalaman pribadi. al :
http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/74754/panduan-teknis-budidaya-pepaya-madu/#

Selamat menanam….

Tentang Penulis: Slamet Harjo

Warga Nglipar Gunungkidul. Pemilik percetakan CV Catur Warna Indah Wonosari. Aktivis pertanian, peternakan, dan aktivis diskusi di media sosial. Mantan anggota DPRD DIY 2014-2019.