Mengkongsumsi Ikan Meningkatkan Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

oleh -171 views
Mengkonsumi ikan. Dok: DKP Gk.

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting selama pandemi virus corona. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi ikan. Ikan merupakan bahan pangan yang kaya nutrisi sehingga dapat menjaga imunitas tubuh dan kuat melawan penyakit.

Tidak hanya terbatas pada ikan laut, kita juga dapat memperoleh berbagai nutrisi dan manfaat ikan air tawar. Contohnya adalah ikan lele, ikan nila, ikan gurami, dan ikan patin. Manfaat ikan air tawar dan ikan air laut adalah sebagai sumber nutrisi penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Daging ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3, protein, selenium, vitamin D dan rendah akan kandungan lemak jenuh. Bagi Anda yang tidak tahan bau amis, ikan nila bisa menjadi pilihan. Nila termasuk ikan air tawar yang tidak terlalu berbau amis, mudah untuk diolah, dan memiliki cita rasa yang gurih. Ikan nila mengandung vitamin B12, yaitu salah satu senyawa penting untuk tubuh dalam menjaga energi.

Nutrisi dan manfaat ikan air tawar jenis ini termasuk tinggi kandungan protein, vitamin dan mineral, sekaligus rendah lemak. Oleh karena itu, baik untuk dikonsumsi orang yang sedang sakit atau lanjut usia (lansia) yang memiliki risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang memilih untuk mengkonsumsi ikan dalam kemasan, kandungan gizi ikan kaleng juga tidak kalah dengan ikan segar. Selain itu juga lebih praktis dalam penyimpanan, pengolahan, dan penyajiannya. Asal kita memperhatikan kondisi kemasannya dan tanggal kadaluwarsanya.

Ikan sarden merupakan salah satu jenis ikan yang sering diolah menjadi bentuk kaleng serta memiliki ukuran cukup kecil, berwarna keperakan, dan memiliki rasa yang unik. Ikan ini mengandung vitamin A, B, dan B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, ikan jenis ini juga  kaya akan kandungan kalsium, kalium, dan magnesium. Ketiga nutrisi tersebut penting untuk perkembangan tulang dan gigi, serta sangat berguna untuk kesehatan ibu hamil.

Apabila ingin ikan air tawar yang harganya lebih terjangkau dan mudah didapat, Anda dapat mengkonsumsi ikan yang paling “terkenal” di seantero pasar tradisional dan warung lesehan yaitu ikan lele. Ikan air tawar ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, lemak,  kalsium, vitamin C, vitamin A, natrium, dan zat besi.

Saat mengkonsumi ikan, pastikan juga ikan yang Anda konsumsi dalam kondisi baik dan segar. Anda dapat mengeceknya dari mata hingga tekstur dagingnya. Mata ikan segar tampak menonjol dengan pupil hitam cerah berkilat dan selaput mata jernih. Insang ikan tampak berwarna merah cerah dengan tekstur daging yang elastis bila ditekan dengan jari.

Mengkonsumsi ikan dapat menstimulus sistem imun di dalam tubuh, sebab tubuh kita membutuhkan protein yang cukup serta suplai makanan yang bermutu. Protein dapat berfungsi untuk membantu metabolisme dalam tubuh dan membantu sel antibodi melawan virus maupun bakteri.

Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Mari lindungi diri dan keluarga dari Covid-19 dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

***

Sumber: DKP Gunungkidul.

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.