Tips Praktis Mengatasi Kebosanan Belajar di Rumah

oleh -198 views
Kelompok belajar kecil di masa pandemi. Dok: kompas.com.

SEPUTARGK.ID – Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa – Bali akan berakhir pada hari ini Minggu 25 Juli 2021, bukan berarti setelahnya kita boleh bebas melaksanakan berbagai aktivitas. Pandemi Covid-19 belum berakhir, masih diperlukan upaya penanggulangan secara bersama-sama.

Proses belajar di rumah bagi pelajar dan mahasiswa masih harus dijalani. Sistem belajar tatap muka tanpa tentunya akan dilaksanakan kembali setelah kondisi memungkinkan. Tentunya, para pelajar dan mahasiswa masih dituntut untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri dari rumahnya masing-masing.

Tak dapat dipungkiri, para pelajar dan mahasiswa tentu juga pernah mengalami kebosanan untukĀ  belajar di rumah. Mereka sangat rindu belajar di kelas, bertemu dengan teman-temannya, bertemu dengan guru atau dosennya.

Nah, bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring bisa dilakukan secara efektif? Bagaimana mengurangi rasa bosan belajar di rumah? Simak dan ikuti tips praktis berikut ini.

Luangkan Waktu untuk Hobby yang Disukai

Melakukan hobi yang disukai merupakan salah satu cara agar tidak bosan belajar di rumah. Luangkanlah waktu untuk diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal atau hobi yang disukai. Misalnya: seperti membaca novel, nonton film di youtube, atau memasak dengan mencoba resep masakan baru, atau kegemaran lainnya yang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Kita juga bisa mencoba kegiatan lain yang belum pernah dilakukan dan mungkin bisa menjadi hobi baru.

Membuat Kelompok Belajar Kecil

Kita juga bisa mengatasi rasa bosan belajar sendirian dengan membuat kelompok belajar kecil bersama teman-teman yang dekat. Meskipun berkomunikasi melalui daring dan bisa saling membantu, kelompok belajar ini juga bisa membangkitkan mood serta motivasi belajar. Dalam kondisi pandemi ini, tentu ada syarat untuk membuat kelompk belajar kecil ini. Yang paling utama adalah pastikan kondisi kesehatan teman-teman yang diajak membuat kelompok belajar. Pastikan rekan-rekan dan lingkaran keluarganya tidak ada yang terpapar virus Covid-19, sehingga kelompok belajar yang dibuat aman dari risiko terkena atau terinfeksi virus juga.

Dengan berinterasi dan bersosialisasi melalui kelompok kecil ini, kita juga akan dapat menjaga kesehatan mental kita, karena ada teman yang bisa diajak curhat, berbagi keluh-kesah, dan bersama-sama merasakan permasalahan, dan utamanya bisa menemukan langkah mengurai masalah secara bersama-sama.

Pilih Tempat Belajar yang Nyaman

Kita bisa mencari tempat nyaman dan mengganti suasana belajar kamu di rumah untuk bisa mengatasi rasa bosan kamu selama belajar daring atau belajar secara online. Kita bisa memanfaatkan area teras, gazebo juga kebun rumah kita untuk belajar. Kalau kita lebih nyaman belajar di dalam kamar, kita bisa memperindah ruang belajar juga meja belajar agar lebih bersemangat untuk belajar.

Gunakan Metode Belajar yang Sesuai

Kita bisa menggunakan metode belajar seperti melihat rekaman video, membaca buku, dan juga mendengarkan rekaman suara. Ada bebeberapa pelajar dan mahasiswa yang lebih senang belajar dengan mencatat kembali, melibatkan visual baik dengan gambar, dengan gerakan, ataupun suara. Metode ini dapat membuat kita lebih mudah memahami materi dan juga terhindar dari rasa bosan.

Bersyukur dan Berterima Kasih

Di tengah kesibukan kita masing-masing belajar daring pada masa pandemi, jangan lupa mengucap syukur pada Sang Pencipta atas berkah kesehatan dan nikmat yang kita terima. Jangan lupa juga berterima kasih kepada orang tua, anggota keluarga, dan pada diri kita sendiri, karena semua anggota keluarga tentu selalu mengusahanan dan saling menjaga agar dapat melewati masa pandemi dengan selamat. Ada baiknya memberikan hadiah (reward) setimpal untuk seluruh anggota keluarga dan diri kita sendiri atas kuatnya fisik, hati, dan pikiran selama pandemi yang belum kunjung usai.

Yuk, tetap semangat, jaga kesehatan, jaga diri agar selamat melewati masa pandemi ini!

***

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.